alterntif text
PROMODesain Logo usaha atau bisnis anda secara Gratis!

Tips Jepret Pakai Kamera Ponsel

jepret_pakai_smartphone

Beberapa tahun yang lalu, gadget yang kita punya masih berlaku sesuai fungsinya. Kamera digital masih berupa kamera digital, pemutar mp3 masih berupa pemutar mp3, dan handphone juga masih berupa handphone. Namun, sekarang semua bias disatukan dalam satu gadget berupa Handphone. Handphone sekarang tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi saja. Kita bisa memutar lagu, mendengarkan radio, dan memotret dengannya!

Perkembangan kamera di handphone pun sangat cepat. Megapiksel yang besar, lensa yang semakin bagus, dan media penyimpanan yang semakin besar dan mudah didapat. Semua itu membawa dunia fotografi ke level baru, yaitu Mobile Photography.

Sayangnya sering kita melihat kualitas foto yang diambil masih sangat jelek. Bisa karena faktor kualitas kamera handphone yang masih jelek, atau teknik fotografi yang jelek pula. Berikut kami bagikan 7 tips fotografi menggunakan kamera handphone anda.

Hindari penggunaan Digital Zoom. Jika fitur Zoom pada kamera anda adalah Digital Zoom, maka kualitas foto akan berkurang dan biasanya hasil gambarnya terlihat kotak-kotak. Lain halnya jika kamera anda sudah menggunakan teknologi “optical zoom”, hasil foto akan berbeda karena teknologi ini tidak memperbesar obyek foto dengan memperbesar pixelnya.

Cahaya ke Obyek harus cukup. Apabila memungkinkan nyalakan lampu apabila obyek didalam ruangan, atau akan lebih baik bila pengambilan gambar dilakukan di luar ruangan. Beberapa kamera handphone sudah dilengkapi dengan flash, anda bisa memanfaatkan itu untuk memotret obyek anda.

Mendekatlah ke Obyek. Kebanyakan hasil foto menggunakan handphone menjadi kecil karena resolusi kamera yang kecil, meskipun di beberapa kamera ada opsi untuk mengubah resolusi. Maka sebisa mungkin mendekatlah ke obyek yang akan anda ambil.

Pegang kamera dengan Stabil. Semakin stabil anda memegang kamera anda, gambar yang diperoleh akan semakin jelas. Apalagi dalam situasi pencahayaan yang kurang baik, karena kamera secara otomatis akan memilih shutter speed yang lebih lama untuk menyesuaikan dengan kondisi pencahayaan. Perlu diingat, di kamera handphone juga ada waktu jeda antara waktu saat tombol kamera dipencet dan lensa mengambil gambar, jadi jangan terburu-buru memindahkan kamera dari obyek sebelum gambar benar-benar selesai diambil.

Edit di komputer. Kenapa kami menyarakankan agar editan dilakukan di komputer? Karena beberapa handphone tidak memiliki layar yang bagus. Jadi akan ada perbedaan hasil gambar saat sudah dipindahkan ke komputer anda. Jadi proses editing akan menjadi lebih mudah.

Bereksperimen dengan sudut dan perspektif. Bermain-mainlah dengan berbagai macam sudut dan perspektif. Dengan kamera handphone yang lebih mudah dan ringan, anda lebih bebas untuk mengambil gambar dari berbagai perspektif. Karena dengan teknologi digital, anda bisa mengambil foto dengan cepat dan hasilnya bisa langsung anda lihat. Kita tinggal simpan yang baik dan buang yang kurang baik.

Gunakan pengaturan megapixel tertinggi. Ada beberapa kamera yang dilengkapi dengan fitur pilihan untuk megapixel, mulai dari terendah sampai tertinggi. Gunakan megapixel tertinggi untuk menghasilkan gambar yang terbaik. Namun, efeknya adalah ukuran foto akan besar pula, dan itu mempengaruhi media penyimpanan (memory card) pada handphone anda.

alterntif text